11 Kelurahan di Kota Tegal Dinyatakan Bebas dari Predikat Kumuh

11 Kelurahan di Kota Tegal dinyatakan bebas dari predikat kumuh.

Hal itu terungkap dalam peresmian dan pameran kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) program kota tanpa kumuh (KOTAKU) Kota Tegal tahun 2019 di Kelurahan Mintaragen, Selasa (17/12/2019).

Kepala Disperkim Kota Tegal Eko Setyawan mengatakan, jumlah tersebut antara lain Kelurahan Mintaragen, Kelurahan Panggung, Kelurahan Muarareja, Kelurahan Kejambon, Kelurahan Mangkukusuman, Kelurahan Kemandungan, Kelurahan Kraton, Kelurahan Tegalsari, Kelurahan Pesurungan Lor, Kelurahan Debong Lor dan Kelurahan Pesurungan Kidul.

Menurutnya, ke 11 kelurahan tersebut dinyatakan bebas dari predikat kumuh karena telah memenuhi tujuh indikator, seperti dilihat dari bangunan, jalan lingkungan, drainase lingkungan, layanan air minum, akses sanitasi layak, pengelolaan sampah dan penanganan bahaya kebakaran.

Menurut Eko, adanya program Kotaku sangat membantu mengentaskan wilayah kumuh di Kota Tegal secara signifikan.  Ia mengatakan, Kota Tegal dikucuri Rp21,3 miliar atau tepatnya Rp21.350.000.000 dari pemerintah pusat melalui program Kotaku.

Sementara itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono sangat mengapresiasi adanya program Kotaku. Menurutnya, program Kotaku merupakan bukti nyata keseriusan pemerintah dalam mengentaskan wilayah kumuh. “Saya berharap kelurahan-kelurahan di Kota Tegal mampu menciptakan wisata unggulan agar bisa menarik minat wisatawan datang ke Kota Tegal,” ujarnya. Dirinya juga berpesan kepada masyarakat Kota Tegal, agar apa yang sudah diberikan oleh pemerintah supaya dirawat dan dijaga serta dimanfaatkan secara maksimal. (www.ayotegal.com)  Penulis: Lilisnawati