Dana Kelurahan di Kota Tegal Rp 352 Juta Per Tahun, Akhir Juli Harus Terserap 50

Masing-masing kelurahan di Kota Tegal, mendapat dana kelurahan sebanyak Rp 352 juta.

Melalui Kemendagri, Pemerintah Kota Tegal mendapat anggaran dana pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat Rp 9,5 miliar lebih.

Kemudian, dana dari APBN tersebut dibagi ke 27 kelurahan yang ada di Kota Tegal.

“Di Kota Tegal, jatah tiap kelurahan jumlahnya sama. Dana tersebut pun bersifat sebagai stimulan untuk pembangunan sarpras dan pemberdayaan masyarakat,” kata Ketua Forum Silaturahmi Lurah se Kota Tegal, Trismanto kepada tribunjateng.com, Kamis (20/6/2019).

Trismanto yang juga menjabat sebagai Lurah Pesurungan Kidul mengatakan, dari Rp 352 juta hanya bisa dimanfaatkan untuk sarpras dan pemberdayaan.

Untuk sarpras ketentuannya maksimal 70 persen, sedangkan pemberdayaan minimal 30 persen. “Aturan itu sebagai acuan. Tentu kondisi di tiap kelurahan berbeda, tergantung tingkat kebutuhannya masing-masing,” katanya.

Ia menjelaskan, Rp 352 juta itu anggaran pertahun. Untuk anggaran tahap pertama sudah cair di masing- masing kelurahan. Trismanto mengingatkan, sesuai peraturan maka akhir Juli seluruh kegiatan sudah selesai 50 persennya. Pada Desember tentu harus sudah 100 persen.

“Di tahap pertama, misal tidak bisa menyerap 50 persen, maka di tahap kedua dana tidak bisa dicairkan,” ungkapnya

Trismanto mengatakan, di Kelurahan Pesurungan Kidul, dalam sarpras ia akan gunakan untuk pengadaan dan pengembangan sarana lingkungan seperti drainase, selokan, pengolahan sampah, dan sebagainya.

Ada pun pemberdayaan masyarakat, ia targetkan guna memberdayakan lembaga- lembaga di kelurahan.

“Pemberdayaan, misalnya diisi berbagai pelatihan seperti pengolahan sampah, kader kesehatan, RT dan RW, dan tim penggerak PKK,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan selain dana kelurahan, tiap kelurahan juga mendapatkan dana Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (APIK) dari APBD Kota Tegal.

Ada pun dana APIK khusus untuk pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, perolehan besaran dana APIK tiap kelurahan mendapat jumlah yang berbeda.

Kembali kepada kebutuhan dan pengajuan dari masing-masing kelurahan.

“Dana APIK di tiap keluarahan jumlahnya beda. Di Pesurungan Kidul sendiri mendapat dana APIK sebanyak Rp. 342.731.000,” jelasnya (jateng.tribunnews.com- Fajar Bahruddin Achmad)