Forum Lurah Di Kota Tegal Sambut Baik Wacana Program Dana Kelurahan, Ini Alasannya

Forum Lurah Di Kota Tegal Sambut Baik Wacana Program Dana Kelurahan, Ini Alasannya

Wacana akan munculnya program dana kelurahan dari pemerintah pusat disambut baik para lurah di Kota Tegal.

Sebab dengan dana tersebut, akselerasi pembangunan kelurahan dan pengentasan wilayah kumuh akan dapat segera terselesaikan.

Ketua Forum Silaturahmi Lurah (Fosil) yang juga sebagai Lurah Pesurungan Kidul, Tegal Barat, Trismanto mengatakan pada prinsipnya kelurahan menyambut baik dengan wacana adanya dana kelurahan dari pemerintah pusat.

Pasalnya, menurut dia, manajemen desa dengan kelurahan itu sama dan tidak ada perbedaan.

Apabila pemerintah pusat akan mengambil kebijakan tersebut, maka pengelolaanya diharapkan diserahkan kepada lembaga kemasyarakat kelurahan seperti LMPK, BKM atau Lembaga lainnya.

“Disadari atau tidak, di kelurahan masih banyak kesenjangan sosial dan pengangguran. Sehingga kalau dana tersebut ditetapkan, hal itu sangat berarti bago kami,” kata Trismanto kepada Tribunjateng.com, Jumat (2/11/2018).

Dia memastikan, apabila dana kelurahan tersebut jadi ditetapkan, maka pengelolaanya akan dimanfaatkan dengan maksimal.

Kemudian terkait dengan dana dari Akselerasi Infranstruktur Kelurahan (APIK), diharapkan juga dapat terus berlanjut

Sehingga dana yang bersumber dari APIK, pengelolaanya untuk pemerintah kelurahan.

“Kalau saya berharap dana tersebut bisa dikelola lembaga kemasyarakatan. Karena sudah saatnya masyarakat diberi kepercayaan untuk ikut membangun bersama,” ungkap Trismanto.

Dia berharap, dana kelurahan bisa lebih dimanfaatkan untuk pendidikan dan sosial, terutama peningkatan lifeskill dalam rangka meningkatkan perekonomian berbasis rakyat.

Untuk itu, ekonomi kerakyatan harus mulai digalakkan dari sekarang.”Selain itu, dana tersebut juga akan dimanfaatkan untuk pengentasan kawasan kumuh,” sambungnya. (*) ¬†Akhtur Gumilang-jateng.tribunnews.com