Halau Sampah di Sungai Sibelis, Screen Sampah Dipasang

Halau Sampah di Sungai Sibelis, Screen Sampah Dipasang

Dalam mengatasi permasalahan sampah di sungai, Kelurahan Pesurungan Kidul (Peskid), Tegal Barat, Kota Tegal mempunyai program inovasi yaitu dengan memasang screen sampah di Sungai Sibelis. Tujuannya untuk menghalau sampah supaya tidak mengotori sungai yang melintasi Kelurahan tersebut.

Lurah Pesurungan Kidul, Trismanto mengatakan screen tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal dan SMK terdekat.

Dengan ukuran sesuai dengan luas sungai, sekitar tujuh meter. “Ini juga merupakan bentuk inovasi kami untuk menanggulangi sampah,” katanya. pengambilan sampah akan disesuaikan dengan volume sampah yang ada.

Menurut Trismanto, pemasangan screen tersebut baru dimulai di Kelurahan Peskid dan akan dijadikan percontohan untuk kelurahan lainya. Adanya pemasangan ini, Trismanto berharap masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan dan fungsi sungai yaitu dengan tidak membuang sampah di sungai. Sehingga sungai akan bersih dari sampah. – Lilisnawati -ayotegal.com