Peskid Masuk Tiga Besar Lomba Gotong Royong Tingkat Jateng

TEGAL-Kelurahan Pesurungan Kidul (Peskid), Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal berhasil masuk nominasi tiga besar dalam pemilihan pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Jateng 2018.

Pemkot Tegal termasuk pihak kelurahan dan masyarakat setempat pun optimistis mampu menjadi yang terbaik. Itu setelah segenap tim penilai turun ke lapangan untuk melakukan penilaian di halaman Kelurahan Pesurungan Kidul, Rabu (21/3). ”Dengan masuknya Pesurungan Kidul pada peringkat tiga besar bersaing dengan Semarang dan Magelang.

Pemkot Tegal dan masyarakat Pesurungan Kidul tentunya optimistis dapat menjadi juara. Terlebih masyarakat Pesurungan Kidul sudah mempersiapkan lomba ini dengan maksimal,î kata Pjs Wali Kota Tegal Achmad Rofai. Optimisme bisa meraih juara pertama hingga bisa melaju ke tingkat nasional juga disampaikan Lurah Pesurungan Kidul Trismanto dan Ketua LPMK Jaenudin.

Menurut keduanya, gotong royong dan sinergitas antara pemerintah kelurahan dan masyarakat memang sudah menjadi budaya. ”Semangat gotong royong masyarakat sudah mendarah daging sejak dulu, termasuk kerja bakti secara rutin,î kata dia. Camat Tegal Barat Sri Widiyati menambahkan, Kota Tegal memang kerap masuk dalam tiga besar lomba tersebut. Seperti pada 2017, masih di wilayahnya yakni Kelurahan Kraton juga pernah meraih juara tiga.

”Tentu belajar dari tahun kemarin, harapannya tahun ini juara dan bisa melaju ke tingkat nasional. Apalagi persiapan dan antusiasme warga cukup besar,î pungkas Sri. Ketua Tim Penilai Agus Suranta mengungkapkan, ada empat bidang yang menjadi fokus utama penilaianya. Di antaranya kemasyarakatan, sosial budaya dan keagamaan, ekonomi kreatif, serta bidang lingkungan hidup yang dinilai oleh juri yang ahli di bidang masing-masing. Rencananya, pemenang pertama akan diumumkan di Pati pada Mei mendatang.(enn-69) 

Sumber :suaramerdeka.com