TEGAL – Penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kelurahan Pesurungan Kidul Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal ditarget masuk lima besar.

Keinginan untuk itu sudah disampaikan semua ketua RT dan RW terpilih kepada kelurahan. Sehingga dengan kebersamaan dan kekompakan maka hal tersebut akan dapat dicapai.

Lurah Pesurungan Kidul Trismanto mengatakan untuk tahun 2018 kelurahan beserta dengan warga yang diwakili Ketua RT dan RW membuat target masuk lima besar penerimaan PBB Se-Kota Tegal.

Target tersebut secara realistis akan mudah dicapai jika melihat peringkat setiap tahun yang terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2016 kelurahan masuk dalam peringkat 22 dan 2017 naik secara signifikan menjadi tujuh besar.

“Dengan target yang telah disepakati tersebut, Insya allah akan bisa tercapai dengan maksimal,” kata Lurah Pesurungan Kidul Trismanto.

Trismanto mengungkapkan sebelum target tersebut disepakati bersama kelurahan membuat inovasi dengan akan memberikan reward kepada ketua RT dan RW yang berhasil mengumpulkan dengan tepat waktu. Sehingga mereka tertarik untuk segera menyampaikan dan mengimbau kepada warga untuk segera membayar pajak PBB dengan segera.

Dengan begitu maka target yang diperoleh dari penerimaan pajak sebesar 120 juta rupiah akan segera terkumpul. Bahkan ketika ada warga yang terlambat membayar pajak PBB maka RW akan membayarkan terlebih dahulu menggunakan uang kas.

“Inovasi yang ditawarkan kepada ketua RT dan RW oleh kelurahan. Bahwa pihak kelurahan akan memberikan reward bagi ketua RT dan RW yang bisa segera menyelesaikan pajak PBB warganya dengan tepat waktu,” ungkap Trismanto.

Trismanto menjelaskan, selain reward yang diberikan kelurahan kepada ketua RT, ada juga piala bergilir yang diberikan kepada RW dengan penerimaan pajak PBB tercepat. Dengan reward dan hadiah tersebut merupakan salah satu inovasi kelurahan untuk membuat warga semakin antusias.

Utamanya dengan yang dimotori ketua RT dan RW, karena total ada sekitar seribu wajib pajak baik bangunan, lahan dan sawah yang ada di wilayah Kelurahan Pesurungan Kidul. “Inovasi tersebut hanya Kelurahan Pesurungan Kidul yang menerapkan, supaya target lima besar tercapai. Hal itu sudah kami lakukan pada tahun 2017 dan berhasil naik dengan signifikan,” tandasnya.